Koetaradja

Suara Rakyat Merdeka

PULIHKAN HAK RAKYAT

Hari-Bumi-4x3Koetaradja | Dalam rangka memperingati hari lingkungan hidup sedunia tahun 2013, pada 22 April 2013 ini Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan (STIK) Tgk Chiek Pante Kulu, Darussalam Banda Aceh akan menyelenggarakan kegiatan seminar dengan tema “Kesiapan Generasi Muda dalam menghadapi perubahan Iklim” ujar Ir. Zukrin Abidin, Ketua Pelaksana.

Bumi adalah sebuah tempat berpijak manusia dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Namun terkadang kita melupakannya, dengan berbagai alasan demi pembangunan. Eksploitasi yang tidak bertanggungjawab telah mengakibatkan beberapa  fenomena alam, seperti  banjir, puting beliung, semburan gas, hingga curah hujan yang tidak menentu dari tahun ketahun. Semua ini merupakan tanda-tanda alam yang menunjukan bahwa planet kita sedang mengalami proses kerusakan yang menuju pada kehancuran.

Lebih lanjut Zukrin menyatakan bahwa hal ini terkait langsung dengan isu global yang belakangan ini makin marak dibicarakan oleh masyarakat dunia yaitu perubahan iklim dan pemanasan global. Perubahan iklim berarti perubahan yang signifikan pada iklim, seperti terjadinya peningkatan suhu udara, dan curah hujan yang tidak menentu, serta meningkatnya suhu lautan, kekeringan yang berkepanjangan, penyebaran wabah penyakit berbahaya, banjir besar-besaran, coral bleaching dan gelombang badai besar. Ini akan berdampak paling besar adalah negara pesisir pantai, Negara kepulauan, dan Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia

Mahasiswa dan pelajar merupakan bagian dari komponen penting yang menentukan nasib bangsa nantinya, agar mahasiswa dan pelajar lebih peka dalam melihat keadaan bumi  yang sekarang ini, dan apa kendala yang sedang serta akan terjadi sehingga para pelajar lebih mengetahui sejak dini guna mencari solusi untuk keselamatan bumi yang kita cintai, ini yang melatar belakangi pelaksanaan kegiatan seminar ini, kata Zakiah S.hut, MP, Sekretaris panitia.

Kegiatan peringatan hari bumi ini dikemas dalam bentuk seminar dan penanaman pohon yang bertujuan untuk membuka wawasan para mahasiswa dan pelajar terhadap apa yang terjadi hari ini pada bumi kita, dan generasi muda khususnya mahasiswa dan pelajar memiliki keinginan dan jiwa besar dalam melindungi dan memperlakukan alam dengan lebih baik, serta melibatkan para mahasiswa dan pelajar dalam usaha perlindungan bumi melalui acara penanaman pohon.

Kegiatan seminar dan penanaman pohon tersebut akan dilakukan pada tanggal 22 April 2013 di Kampus Sekolah Tinggi Kehutanan Tgk Chiek Pante Kulu Darussalam Banda Aceh. Prof. DR. Tgk. H. Muslem Ibrahim, MA akan menyampaikan materi yang mengupas dari sudut pandang agama dan Ir. OK Hasnanda Syahputra, MP mewakili akademisi yang menyampaikan tinjauan akademis kekinian yang terjadi dimuka bumi. Seminar dan penanaman pohon tersebut akan diikuti oleh Mahasiwa STI-Kehutanan dan wakil pelajar SMU kota Banda Aceh, ujar Zukrin saat mengakhiri pembicaraan.

 

Categories: LINGKUNGAN

Leave a Reply


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.